Mohon Login Terlebih Dahulu Untuk Melihat Konten Lainnya

FAQ DARI BAPPEBTI

FAQ DARI BAPPEBTI (0)

FAQ DARI BAPPEBTI

  1. 1.Apakah perbedaan pasar modal dan pasar berjangka?

Perbedaan kedua pasar tersebut dapat dilihat dari beberapa segi. Pada dasarnya, pasar berjangka adalah pasar primer, karena harga ditentukan oleh komoditi atau asset yang kontraknya diperjual-belikan di bursa, sedangkan dalam pasar modal/saham adalah pasar sekunder, karena harganya terutama bergantung pada kinerja perusahaan (go public) yang sahamnya diperjual-belikan. Perbedaan lain, dapat dilihat dari tujuannya, pasar modal diselenggarakan dengan tujuan mobilisasi dana suatu perusahaan dengan menjual saham perusahaan, sedangkan pasar berjangka diselenggarakan dengan tujuan untuk pengalihan risiko dari fluktuasi harga sehingga perusahaan dapat menyusun perencanaan jangka panjang. Dari segi bentuk perdagangannya, dalam pasar modal yang terjadi adalah perdagangan fisik di mana jual beli saham secara fisik, sehingga terjadi serah terima saham secara fisik dengan kewajiban membayar senilai 100% dari transaksi, sedangkan dalam perdagangan berjangka yang diperdagangkan adalah kontrak/janji atau kesepakatan untuk menyerahkan atau menerima suatu barang tertentu di kemudian hari. Sebagai penjual atau pembeli dalam pasar berjangka wajib menyerahkan sejumlah dana hanya sekitar 5 – 10% dari nilai komoditi yang ditransaksikan sebagai etikad baik (good faith) yang disebut margin

  1. 2.Apakah Pialang Berjangka yang ada di Indonesia dapat menyalurkan order/amanat Nasabah ke luar negeri?

Pialang Berjangka yang mendapatkan izin dari Bappebti dimungkinkan menyalurkan order/amanat Nasabah ke bursa luar negeri. Untuk dapat menyalurkan amanat/order Nasabah ke bursa luar negeri, perusahaan Pialang Berjangka tersebut wajib memenuhi persyaratan tambahan yang cukup berat dari Bappebti. Persyaratan tambahan tersebut diperlukan dengan maksud agar dana Nasabah yang disalurkan ke luar negeri benar-benar dijamin perlindungannya. Di samping itu, Bappebti juga menetapkan daftar bursa luar negeri dan kontraknya yang dapat dimanfaatkan oleh Nasabah domestik. Hingga saat ini ada 7 bursa berjangka dan 12 kontrak yang dapat dimanfaatkan Nasabah lokal.

  1. 3.Apakah perdagangan berjangka sama dengan judi?

Jelas sangat berbeda dari kedua kegiatan tersebut. Perbedaannya dapat dilihat dari beberapa segi terutama dari dasar keadaan risiko yang dihadapi, proses pengambilan keputusan, dan manfaat ekonomi. Dalam pasar berjangka, risiko yang dihadapi dunia usaha adalah risiko yang melekat (inherent) yang perlu dikelola, sementara risiko dalam kegiatan judi adalah yang diciptakan sendiri. Proses keputusan untuk mengambil posisi semata-mata karena feeling atau untung-untungan, sementara dalam pasar berjangka diperlukan suatu kemampuan analisis fundamental dan atau technical berbagai dari informasi/data, dan yang terpenting, kegiatan perdagangan berjangka memberikan manfaat yang sangat besar sebagai sarana lindung nilai, pembentukan harga, alternatif investasi sekaligus lapangan kerja terutama para professional dan tenaga pendukung lainnya, sementara kegiatan judi, di samping dilarang agama, terbukti banyak menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

  1. 4.Apa saja yang perlu diketahui sebelum berinvestasi di pasar berjangka?

Anda tertarik berinvestasi dalam perdagangan berjangka, beberapa hal yang perlu Anda ketahui, antara lain :

Anda harus belajar atau mencari tahu tentang PBK sehingga Anda memiliki pengetahunan yang cukup tentang perdagangan berjangka

Perdagangan Berjangka adalah kegiatan bisnis yang kompleks dan berisiko tinggi, dan oleh karena itu tidak cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, Anda harus tahu betul adalah seseorang yang memenuhi persyaratan (dinilai layak) sebagai Nasabah. Mereka yang dilarang sebagai Nasabah, antara lain adalah ibu rumah tangga biasa, bendaharawan suatu organisasi/lembaga tertentu, belum dewasa, dll.

Apabila Anda layak sebagai Nasabah, Anda harus berhubungan dengan suatu perusahaan Pialang Berjangka yang resmi yang telah mendapatkan izin dari Bappebti dan berhubungan dengan orang-orang yang kompeten dan memperoleh izin dari Bappebti, dengan demikian diharapkan Anda mendapatkan penjelasan yang lengkap dan benar tentang PBK tersebut;

Kontrak yang ditransaksikan adalah kontrak yang underlying commodity/assetsnya ditetapkan oleh Keppres, sedangkan untuk penyaluran amanat ke bursa luar negeri, daftar Bursa dan Kontraknya yang dapat dimanfaatkan ditetapkan oleh Bappebti.

  1. 5.Bagaimana skema perlindungan yang diberikan kepada masyarakat atau Nasabah dalam kegiatan perdagangan berjangka?

Agar kegiatan perdagangan berjangka berjalan dengan tertib, efektif, efisien dan memberikan kepastian hukum serta perlindungan kepada masyarakat atau Nasabah, telah diterbitkan Undang-Undang No. 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. Dalam UU No. 32 Tahun 1997 tersebut yang kemudian dilengkapi dengan peraturan pelaksanaannya, skema perlindungan Nasabah/masyarakat ditetapkan berlapis-lapis, berawal dari prosedur dan persyaratan yang sangat ketat sebagai lembaga atau perseorangan yang melakukan kegiatan PBK, pengaturan tentang prilaku para professional baik sebagai pialang, penasihat, maupun pengelola sentra dana berjangka dalam bertransaksi, serta pengenaan sanksi administrative yang tegas (dari tingkat pemberian peringatan sampai dengan pencabutan perizinan) dan sanksi pidana yang berat berupa denda (dari 1 milyar sampai dengan 10 miyar) dan kurungan ( 1 tahun sampai dengan 8 tahun) yang komulatif sifatnya.

  1. 6.Kalau ingin memanfaatkan perdagangan berjangka untuk kegiatan lindung nilai (hedging) atau berinventasi siapa yang harus dihubungi?

Apabila Anda ingin melakukan transaksi Perdagangan Berjangka, Anda harus berhubungan dengan perusahaan Pialang Berjangka yang telah mendapat izin dari Bappebti. Daftar nama-nama perusahaan Pialang Berjangka yang resmi dapat ditanyakan langsung ke Bappebti, BBJ, dan KBI atau dapat dibaca melalui situs website dari ketiga lembaga tersebut. Agar informasi yang Anda peroleh sebaik-baiknya serta ditindaklanjuti dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, Anda harus berhubungan hanya dengan mereka yang telah mempunyai izin dari Bappebti sebagai Wakil Pialang Berjangka dari perusahaan Pialang Berjangka.

United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.