Mohon Login Terlebih Dahulu Untuk Melihat Konten Lainnya

TEAM WORK

Written by
    Rate this item
    (0 votes)

     TEAM WORK

    Dulu Cina merupakan Negara miskin, dengan jumlah penduduk sekitar 1 Milyar orang. Saat dipimpin oleh MaoZedong. Cina mengandalkan utang untuk menjalankan negaranya, kebanyakan utang tersebut didapat dari Uni Soviet. Alkisah suatu hari terjadi perselisihan antara Maozedong dengan pemimpin Soviet, sampai keluar pernyataan dari pemimpin Soviet “ Cina tetap tidak akan bisa membayar utangnya walaupun seluruh rakyat Cina harus berbagi satu celana dalam untuk 2 orang “

    Ucapan yang sangat menyinggung perasaan itu pun diteruskan oleh Mao kepada rakyatnya. Dengan cara menyiarkan lewat siaran radio, secara terus menerus dari pagi hingga malam keseluruh negeri. Menanggapi hinaan tersebut, Mao mengajak segenap rakyat Cina untuk membuktikan kemampuan mereka membayar utang dengan mengajak mereka berkorban.

    Ajakan Mao kepada rakyatnya adalah setiap keluarga, setiap kali mereka memasak diajak menyisihkan 1 butir beras untuk setiap anggota keluarga. Jika 1 rumah tangga terdiri dari 3 orang, maka mereka cukup menyisihkan 3 butir beras. Dengan cara ini berarti setiap kali makan bisa disisihkan 1 milyar beras atau 3 milyar beras per hari. Jumlah yang cukup besar tentunya. Pemerintah mengumpulkan dan menjual beras tersebut, uangnya digunakan untuk membayar utang kepada Negara pemberi hutang yang telah menghina mereka. Akhirnya Cina berhasil melunasi hutang mereka ke Soviet dalam waktu yang sangat cepat.

    Cerita diatas menunjukkan bahwa perkara yang sangat besar sehingga terlihat mustahil untuk dikerjakan oleh 1 orang, akan bisa diselesaikan dengan mudah jika melibatkan dengan banyak orang. Hal ini menunjukkan bahwa salah 1 cara untuk menyelesaikan masalah yang terlihat besar di mata manusia adalah dengan cara melibatkan banyak orang. Namun jika permasalahan itu harus diselesaikan sendiri, maka selesaikanlah dengan tidak merugikan banyak orang.

    Pertanyaannya :

    1. Pernahkah anda menyelesaikan suatu persoalan dengan bersama – sama ? Beri  alasan!
    2. Apa yang anda lakukan untuk menimbulkan rasa saling memiliki di dalam team  anda ?
    3. Bagaimana cara anda untuk mengajak orang yang tidak mau tau tentang persoalan yang sedang dihadapi dalam team anda ?

    “ Keberhasilan  akan  tercapai  dengan  adanya  kerja sama “

     

    OPTIMISME

    Konon pernah hidup seorang Jendral di Tiongkok yang selalu menang dalam setiap pertempuran, tidak heran dia dijuluki “ Sang Jendral Penakluk “. Dalam sebuah pertempuran ia dan pasukannya terdesak oleh pasukan lawan yang jumlahnya berkali lipat lebih banyak. Mereka melarikan diri, namun terus dikejar hingga terjepit di pinggir jurang, dalam kondisi ini para prajurit sang jendral menjadi putus asa dan ingin menyerah kepada musuh saja.

    Sang jendral segera mengambil inisiatif dan berkata kepada pasukannya, “ wahai seluruh pasukan, menang kalah sudah ditakdirkan oleh dewa-dewa, kita akan menanyakan kepada para dewa, apakah hari ini kita harus kalah atau menang, saya akan menguji dengan koin ini, Jika sisi gambar yang muncul, kita akan menang, jika sisi angka yang muncul, kita akan kalah !, Biarlah dewa dewa yang menentukan!” kemudian sang Jendral melempar koinnya. Hasilnya ternyata sisi gambar yang muncul.

    Hasil undian dengan menggunakan koin yang menunjukkan bahwa dewa-dewa berpihak kepada mereka membuat para prajurit menjadi bersemangat, mereka tidak lagi memperdulikan jumlah lawan yang harus mereka hadapi, mereka hanya berpegang pada kondisi bahwa mereka pasti akan menang. Dengan semangat membara mereka menggempur balik pasukan lawan, akhirnya mereka benar-benar berhasil menghancurkan lawan yang berlipat-lipat jumlahnya.

    Pada senja setelah kemenangan luar biasa ini, seorang prajurit berkata kepada sang jendral, “ kemenangan kita telah ditentukan dari langit, dewa-dewa begitu baik terhadap kita “, sang jendral tidak mengatakan apapun hanya melemparkan koin yang digunakan untuk mengundi kepada prajurit itu, si prajurit memeriksa koin itu dengan teliti dan hanya bisa melongo ketika mendapati bahwa kedua sisinya adalah gambar.

    Kunci kemenangan adalah tetap memiliki “ semangat “, di kala musuh menyerang dengan dahsyat, di kala persoalan semakin membesar, kalau kita masih mempunyai semangat untuk bertempur, maka kemenangan hanyalah persoalan waktu.

    Pertanyaannya :

    1. Pernahkah anda kehilangan semangat ? karena apa ?
    2. Apakah penyebab sampai anda kehilangan semangat ?
    3. Cara apa yang anda gunakan untuk menumbuhkan semangat anda ?

    “Hanya sikap Optimislah yang membuat kita semangat “

     

    POSITIF THINKING

    Ada sebuah desa di Cina hidup seorang petani yang hanya memiliki seorang anak dan seekor kuda. Kuda ini bermanfaat untuk mengangkut hasil bumi guna dijual di pasar, suatu saat kuda ini hilang. Mendengar berita ini, beberapa orang desa berkata kepada petani itu. “ Anda pasti sedang sial !”, tetapi petani ini menjawab, saya bukan sedang sial. Saya hanya kehilangan seekor kuda.

    Beberapa lama kemudian, kuda itu ternyata kembali ke desa. Sambil diikuti oleh seekor kuda betina liar yang berasal dari hutan. Ketika penduduk desa mendengar itu, mereka mendatangi petani ini dan berkata “ Anda adalah petani yang paling beruntung!”. Petani ini menjawab, “ saya bukan petani yang paling beruntung dan juga bukan petani yang sial, jangan pernah mengukur sial atau beruntung dari apa yang kau dapat atau apa yang kau alami !”.

    Putra petani berusaha menjinakkan kuda betina liar yang baru didapatkannya. Karena kurang hati-hati, pemuda itu terjatuh dari kuda dan menderita patah kaki. Ketika mendengar berita ini penduduk desa kembali datang dan mengatakan bahwa si petani adalah orang yang paling sial. Petani ini hanya diam saja, tidak menanggapi komentar mereka.

    Tidak lama kemudian terdengar berita bahwa kerajaan membutuhkan tambahan tentara karena ada ancaman dari Negara seberang. Kerajaan mengharuskan satu putra dari setiap keluarga untuk dilatih menjadi tentara. Didesa ini, satu-satunya anak yang tidak diminta jadi tentara adalah anak petani ini karena kakinya pincang. Semua orang desa kembali mendatangi petani ini dan mengatakan bahwa dia adalah petani yang paling beruntung. Petani ini dengan nada keras menjawab “ kalian ini adalah orang yang bebal dan tidak pernah belajar. Sial atau beruntung tidak ditentukan oleh keadaan yang kita alami, tapi ditentukan oleh sikap kita menghadapi apa yang kita alami !, kalau anak-anak kalian menjadi tentara dan mempunyai sikap yang benar pasti ada diantara mereka yang akan jadi Jendral, bupati atau orang penting lainnya. Sikap kitalah yang akan menentukan keberhasilan kita bukan keadaan yang kita alami “.

    Pertanyaannya :

    1. Apa yang terfikir oleh anda, apabila terjadi hal “buruk” dalam pekerjaan anda ?
    2. Menurut anda apakah kesialan dan keberuntungan itu ditentukan oleh nasib ?

    “Persepsi dan berpikir positif akan membawa pada keberhasilan“

     

    Kreativitas Diri

    Pada saat NASA mulai mengirimkan astronot keluar angkasa, mereka menemukan bahwa Pulpen yang mereka gunakan tidak bisa berfungsi di grafitasi nol. Hal ini terjadi karena tintanya tidak dapat mengalir ke mata pena. Untuk memecahkan masalah ini, mereka memerlukan waktu 10 tahun dan dana sebesar US $12 juta ( sekitar 100 milyar rupiah ). Mereka mengembangkan sebuah pulpen yang dapat berfungsi pada keadaan-keadaan seperti grafitasi nol, terbalik, dalam air, dan dalam berbagai permukaan termasuk pada kristal dan dalam derajat temperatur, mulai dari bawah titik beku sampai lebih dari 300oC. Ini merupakan penemuan yang mengagumkan.

    Ketika orang Rusia mengalami masalah yang sama. Mereka menyadari bahwa masalah utamanya adalah alat tulis yang bisa digunakan di luar angkasa. Tidak lama kemudian mereka memutuskan untuk menggunakan PENSIL. Masalah mereka bisa diselesaikan dengan baik dan cepat tanpa biaya mahal.

    Ketika menghadapi masalah, sering kali pikiran kita hanya terpusat pada solusi yang kita anggap paling tepat, tanpa mencoba memikirkan alternatif solusi lainnya. Tindakan seperti ini biasanya akan membuat masalah yang kita hadapi terlihat sulit untuk diselesaikan, padahal Tuhan sudah memperlengkapi setiap orang dengan banyak kreativitas.

    Ketika kita tidak menggunakan kreativitas kita untuk menyelesaikan suatu masalah, maka solusi itu akan sulit untuk didapat. Masalah tersebut tidak bisa diselesaikan atau, sekalipun bisa diselesaikan maka hasilnya akan biasa-biasa saja.

    Kreativitas akan membuat kita bisa menyelesaikan masalah yang tampak rumit dengan cepat dan mudah. Kreativitas memungkinkan kita membuat berbagai alternatif untuk menjawab permasalahan yang kita hadapi. Masalah yang terlihat sulit untuk diselesaikan sering kali hanya memerlukan langkah sederhana untuk penyelesaiannya.

    Kita seharusnya minta pada Tuhan untuk memberikan kepekaan kepada kita, sehingga kita bisa menyelesaikan semua masalah yang harus kita hadapi dengan kreatifitas. Semua peristiwa adalah kehendak Tuhan, supaya kita bisa mendapatkan hasil yang luar biasa.

    Pertanyaannya :

    1. Pernahkah anda mempunyai persoalan yang sulit, dan ternyata penyelesaiannya mudah ?
    2. Ceritakan cara penyelesaian persoalan anda tersebut !
    3. Sebutkan 3 langkah yang akan anda lakukan apabila terjadi persoalan dalam diri anda !

    “Hanya orang cerdaslah yang mampu menghadapi persoalannya”

     

    KETELITIAN

    Para mahasiswa baru dari fakultas kedokteran tampak serius mengikuti kuliah perdana dari seorang professor. Dalam kuliahnya professor ini berkata,’’ menjadi dokter butuh keberanian dan ketelitian, saya harap kalian dapat membuktikannya”. Saya punya toples yang berisi cairan limpa manusia yang telah direndam selama 3 bulan. Kemudian dia mencelupkan jarinya ke dalam toples lalu memasukkannya dalam mulutnya. Melihat hal ini para mahasiswa nampak jijik.

    “ Itulah yang ku sebut dengan keberanian dan ketelitian. Saya butuh satu orang yang bisa berbuat seperti saya, buktikan bahwa kalian ingin menjadi dokter, lanjut sang professor”. Semua mahasiswa tidak bereaksi mendengar tangtangan ini. Tiba- tiba seorang mahasiswa berdiri dan berjalan menuju ketempat seorang professor. Dihampirinya toples itu dengan ragu-ragu dan perasaan jijik yang terlihat dari mukanya. Ia memasukkan jarinya kedalam toples, kemudian memasukkan jarinya yang sudah tercelup lendir ke dalam mulutnya, sang professor tersenyum melihat muka si mahasiswa yang menunjukan rasa jijik.

    Sang professor berkata,’’ anak muda, kamu telah membuktikan keberanian yang harus dimiliki oleh seorang dokter, namun dokter juga butuh ketelitian. Aku tadi memasukkan telunjuk ke toples, akan tetapi jari tengah yang masuk kemulut. Seorang dokter memang butuh keberanian, tapi ketelitian memang lebih dibutuhkan.’’

    Sering kali kita meniru apa yang dilakukan seseorang tanpa terlebih dahulu memperhatikan secara detail. Bahkan tak jarang malah merugikan kita. Ketelitian akan menghindarkan kita dari resiko dan kerugian yang tidak perlu. Ketelitian sangat diperlukan dalam hidup kita. Kalau kita tidak teliti kita bisa tertipu saat bekerja, kita juga perlu teliti dan berhati-hati sehingga dapat memperoleh hasil yang terbaik.

    Pertanyaannya :

    1. Benarkah hanya orang pemberani saja yang bisa Berhasil ?
    2. Benarkah hanya orang-orang yang teliti saja yang bisa sukses ?
    3. Sebutkan 3 Hal keberhasilan yang pernah anda raih dalam hidup anda dari dulu sampai saat ini !
    4. Apa arti kesuksesan bagi diri anda ?  Dan sudahkah anda sukses saat ini ?

    “ Kesuksesan adalah milik semua orang , karena itu adalah Anugrah ’’

    Read 423 times Last modified on Saturday, 28 November 2015 00:04
    Syaiful

    Pimpinan Cabang Semarang

     

    2 comments

    • Comment Link Mozaek Alti RicoThursday, 14 August 2014 10:00 posted by Mozaek Alti Rico

      luar biasa beh,,,,!! sangat menginspirasi, TOP BGT,, kisah sang Jendral sangat bagus untuk kita pegang sebagai leader team,agar semangat anak2 tetap polllll,,,,,

    • Comment Link rahadianWednesday, 13 August 2014 08:28 posted by rahadian

      menurut saya Poin ketelitian :
      1. 80% iya
      2. tidak , orang yang kurang teliti pun bisa sukses
      3. :D
      4. arti kesuksesan = kepuasan tersendiri :D

    Login to post comments
    United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.