Mohon Login Terlebih Dahulu Untuk Melihat Konten Lainnya

Ingin Serba Instan

Written by
    Rate this item
    (0 votes)

    Tulisan ini saya persembahkan untuk sebagian besar dari kita, yang sangat menyenangi budaya instan. Mulai dari menyukai mie instan hingga berusaha menjadi kaya secara instan. Dan menurut hemat saya, apapun yang ingin serba instan, memiliki kemungkinan memberikan hasil yang mengecewakan.

     Salah seorang teman saya bisa dijadikan sebagai contoh bagi kecenderungan ini. Seorang pria yang seumuran dengan saya, dan baru saja berkeluarga beberapa bulan yang lalu. Ia menyadari betapa besarnya kebutuhan keluarganya di masa depan, sehingga ia telah membekali diri dengan berbagai pengetahuan mengenai perencanaan keuangan, terutama investasi.

     Pada satu waktu, ia bertanya kepada saya, “return yang lebih besar daripada produk x apa ya? Soalnya returnnya selama ini sepertinya tidak terasa sama sekali.” Padahal ia baru investasi beberapa minggu. Respon pertama saya adalah menghela nafas dalam-dalam. Kenapa saya harus menghela nafas? Karena saya harus mengulangi jawaban penjelasan sebagaimana yang telah sering saya lakukan kepada banyak penanya lainnya.

     Banyak dari kita yang masih belum memahami (atau mungkin tidak peduli?) konsep proses. Semua target yang ingin dicapai di masa depan, tentu membutuhkan proses. Tidak ada yang dicapai dengan mudah dan cepat. Mie instan yang jelas-jelas mencantumkan kata instan saja tetap membutuhkan proses memasak dan meracik bumbu, kan?

     Untuk orang awam seperti teman saya, yang cukup mengetahui pengetahuan tentang investasi saja, masih terjebak dengan pola pikir seperti itu, bagaimana dengan yang benar-benar awam tidak memahami konsep perencanaan keuangan dan investasi. Tidak heran jika banyak sekali orang yang tertipu dengan pola investasi bodong, yang menawarkan imbal hasil tinggi dengan waktu relatif singkat. Jangan mudah percaya dengan sesuatu yang kelihatannya terlalu bagus untuk jadi kenyataan.

    Percayalah dengan proses. Terlebih lagi bila anda sudah melakukan perencanaan keuangan. Semua sudah dipersiapkan, diperhitungkan, dan direncanakan dengan sebagaimana mestinya. Jangan lagi terjebak dengan pola pikir, ingin lebih cepat atau serba instan. Ketika Anda menjalankan semua prosesnya dengan benar dan tepat, percayalah, Anda akan puas pada hasil akhirnya.

    Read 172 times Last modified on Saturday, 28 November 2015 00:01
    Leonardo

    Pimpinan Cabang Surabaya

    Login to post comments
    United Kingdom Bookmaker CBETTING claim Coral Bonus from link.